Tuesday, May 29, 2018

Antara Genset Open dan Genset Silent, Bagus Mana???


Baru-baru ini, PLN sering mematikan sumber tenaga listrik dengan alasan adanya perbaikan atau perawatan alat sehingga pemadaman listrik dilakukan secara bergilir di beberapa daerah. Apakah hal ini juga sering terjadi di daerah anda? Di saat sedang memerlukan tenaga listrik untuk berbagai keperluan, kemudian terjadi pemadaman, tentu hal ini sangat mengganggu. Solusi untuk mengatasi pemadaman listrik sementara ini bisa dengan cara menggunakan genset.

Genset Open dan Genset Silent

Mesin genset yang dapat menjadi sumber tenaga listrik sementara di saat sumber dari PLN mati, tentu sangat membantu untuk digunakan dalam beberapa lama, setidaknya untuk keperluan harian seperti menyalakan lampu.

Kemungkinan terjadinya pemadaman listrik tentu selalu ada, oleh karena itu, sebagian orang terkadang memilih untuk menyediakan terlebih dahulu cadangan dengan memiliki genset. Jadi, jika sewaktu-waktu listrik padam, bisa langsung digantikan dari sumber listrik genset.

Apabila anda tertarik ingin membeli genset, ada beberapa jenis genset yang perlu anda ketahui, namun umumnya yang banyak dijual dipasaran ada 2 jenis yaitu genset silent dan genset open. Apa perbedaan dari kedua jenis ini? Untuk mengetahui lebih jauh, berikut penjelasan singkatnya.

1. Genset Open
Jenis genset yang satu ini memiliki bentuk atau desain yang lebih terbuka atau tanpa penutup berupa canopy. Cocok digunakan dan diletakkan di dalam ruangan. Desainnya yang terbuka memiliki kelebihan dalam pengoperasian yang mudah, selain itu juga mudah dalam hal perawatan. Genset open yang tidak memiliki penutup ini biasanya memiliki power house sendiri dan dibuat dalam keadaan siap pakai. Pada bagian badan mesin terdapat panel controller, tangki solar dan knalpot yang mudah untuk dijangkau sehingga ketika ingin menghidupkan mesin, pengguna dapat menyalakannya dengan mudah. Kekurangan mesin genset jenis open ini yaitu tidak bisa diletakkan di ruang terbuka karena rentan mengalami kerusakan sehingga sebaiknya diletakkan di dalam ruangan atau tempat yang tertutup untuk melindungi komponen mesin. Harga genset open sendiri sangat bervariasi, tergantung dari jenis, kapasitas dan juga merk.

2. Genset Silent
Berbeda dengan genset open yang tidak memiliki penutup, genset silent justru dilengkapi canopy. Adanya penutup pada badan mesin membuat jenis genset yang satu ini memiliki beberapa keunggulan, seperti:

- Suara mesin tidak terlalu bising: penutup pada mesin genset berfungsi sebagai peredam suara mesin ketika genset dalam keadaan menyala. Suara mesin genset terkadang cukup nyaring sehingga berpotensi menimbulkan polusi suara atau mengganggu pendengaran. Agar tidak terlalu nyaring maka dilengkapilah mesin genset dengan penutup lengkap dengan busa peredam yang ditempelkan pada bagian dalam penutup.
- Dapat diletakkan di area terbuka: selain sebagai peredam suara, canopy pada genset silent juga berfungsi sebagai pelindung komponen mesin sehingga jika sewaktu-waktu genset terpaksa dioperasikan di area terbuka, genset tetap aman.
- Bagian pintu penutup bisa dikunci: meski genset silent lebih tertutup namun untuk memudahkan dalam pengoperasian dan perawatan, canopy genset dilengkapi dengan pintu yang bisa dibuka tutup dan juga dikunci.

Jika dilihat dari kedua jenis genset tadi, dari segi harga, harga genset open dinilai lebih terjangkau atau lebih murah dibandingkan dengan genset silent, namun dari segi kualitas mesin, sebenarnya tidak jauh berbeda. Jika bingung memilih mana yang lebih tepat untuk dipilih dari kedua jenis genset ini, lihat dari segi kebutuhan sehingga anda akan lebih mudah menentukan mana yang lebih cocok untuk anda pakai.

0 comments:

Post a Comment