Saturday, April 28, 2018

4 Kondisi Listrik di Rumah yang Memerlukan Tukang Listrik


Saat di rumah, kamu mengalami berbagai kondisi listrik yang tidak bisa diatasi, kamu bisa memanggil tukang listrik untuk membantu memperbaikinya. Sebab, listrik merupakan bagian dari kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kehidupan, sama seperti air. Mati lama beberapa jam saja bisa membuat kita panik karena beberapa aktivitas menjadi terkendala.

Tukang Listrik

1. MCB Rusak
MCB merupakan bagian dari komponen instalasi listrik yang memiliki fungsi sebagai sistem proteksi di dalam instalasi listrik, saat terjadi beban berlebih atau pun arus pendek. Kondisi MCB yang sudah tidak bagus akan membuat fungsinya ini berjalan dengan tidak optimal. Bahkan kerusakan dapat terjadi jika MCB dalam keadaan tidak stabil.

Kondisi MCB yang mulai tidak stabil bahan rusak memiliki ciri-ciri yaitu bersuhu MCB panas dan terminal pada MCB ada yang berwarna hitam. Panas yang terjadi karena ada kabel pada MCB yang longgar atau pun goyang bahkan bisa menjadi penyebab timbulnya percikan api di instalasi listrik. Saat ini terjadi, kamu harus memanggil tenaga yang ahli untuk mengatasinya.

2. Instalasi Listrik Korsleting
Korsleting dikenal juga dengan nama lain hubung-singkat listrik. Korsleting merupakan sebuah kondisi aliran arus listrik yang besar terjadi melewati sambungan atau jalur bebas hambatan yang tidak seharusnya. Korsleting dapat terjadi karena adanya kondisi instalasi listrik yang tak mampu menampung arus yang besar.

Bisa karena menggunakan instalasi seperti kabel, colokan listrik yang tidak sesuai standar. Disebabkan juga karena penggunaan yang menumpuk pada arus listrik di satu terminal listrik. Korsleting merupakan yang tidak segera ditangani akan mengakibatkan ledakan dan kebakaran.

Korsleting juga terjadi karena panas yang ukuran penghantarnya sangat kecil atau ada  sambungan yang tidak baik, kotor, dan basah. Kamu bisa mengcegah terjadinya korsleting, usahakan dengan merawat peralatan listrik yang dimiliki untuk selalu dalam keadaan bersih saat digunakan, kondisi kering, dan juga tidak panas.

3. Kerusakan Sakelar
Sakelar adalah bagian dari salah satu alat instalasi listrik. Sakelar memiliki fungsi untuk memutuskan dan menghubungkan jaringan listrik yang digunakan setiap hari. Penggunaan yang rutin tentu akan ada saatnya terjadi kerusakan yang mengakibatkan lampu kamu tidak dapat dihidupkan atau dimatikan.

Ada juga kondisi di mana lampu redup dan berkedip-kedip, kondisi ini bisa juga disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian sakelar. Kamu bisa melakukan pengecekan kondisi sakelar dengan jika memiliki alat bernama tespen yang berfungsi untuk mengecek ada atau tidaknya arus yang mengalir. Jika arus yang mengalir dengan baik maka tespen akan menyala.

4. Keperluan Memasangkan Stopkontak
Kondisi listrik berikutnya yang memerlukan bantuan tenaga yang ahli adalah pemasangan stopkontak. Stopkontak merupakan sebuah lubang penghubung tempat untuk masuknya steker dari alat elektronik agar dapat dihidupkan. Bentuk stop kontak yang umum digunakan terdiri dari dua lubang dan 2 baut sebagai penguat.

Tukang listrik tidak hanya dibutuhkan saat kondisi kerusakan terjadi pada listrik yang ada di rumahmu. Kamu juga memerlukannya saat akan membangun rumah karena ada beberapa bagian listrik yang harus dipasang ketika pembangunan rumah berlangsung.

0 comments:

Post a Comment