Sunday, December 17, 2017

Komplit! Panduan Backpacker Wisata dari A sampai Z


Ingin piknik selalu nyaman dan asyik? Hendaknya persiapkan semua hal dari jauh-jauh hari sebelumnya. Tujuannya agar semua siap demi kelancaran kegiatan wisata. Setelah memilih destinasi, terdapat persiapan backpacker wisata komplit yang perlu dilakukan hingga kegiatan rekreasi terlaksana. Kira-kira apa saja, ya? Simak beberapa hal berikut ini.

Backpacker Wisata

1. Memastikan Waktu Keberangkatan

Kepastian waktu keberangkatan harus ditentukan sesegera mungkin. Hal ini dilakukan agar agenda wisata cepat terealisasi dan bisa segera mempersiapkan kebutuhan penunjang lainnya. Kepastian waktu keberangkatan ini juga penting terkait transportasi untuk menuju destinasi wisata. Mengingat hal itu, maka pastikan waktu wisata dan segera cari media transportasinya.

2. Mengatur Anggaran Wisata

Berlibur tentu membutuhkan biaya sebagai penunjang transportasi, biaya tiket, penginapan, serta keperluan konsumsi dan belanja. Berbagai kebutuhan saat berwisata tersebut harus dipenuhi dengan baik agar menunjang kelancaran wisata juga keselamatan. Karenanya, aturlah anggaran yang disediakan agar bisa mencukupi semua kebutuhan.

Buatlah rincian budget dari setiap aspek kebutuhan. Cara ini merupakan pilihan tepat untuk mengalokasikan anggaran secara efektif dan efisien. Dalam realisasinya nanti, setiap aspek kebutuhan sudah punya batas anggarannya masing-masing untuk dibelanjakan. Agar anggarannya bisa diminimalisir dan tidak membengkak, maka buatlah price list.

3. Memilih Jalur Transportasi

Kelancaran perjalanan wisata merupakan salah satu faktor penting dalam berwisata. Demi keamanan dan keselamatan, hendaknya memilih jalur transportasi yang efektif dari tempat pemberangkatan sampai pada lokasi wisata. Upayakan untuk mengetahui jalur transportasi yang efektif. Setelah memilih jalurnya, maka pilihlah media transportasinya.

Cari dan pilih media transportasi dari perusahaan jasa yang profesional. Tingkat kredibilitas perusahaan jasa bisa diukur melalui track record pelayanan, testimoni pelanggan, dan kualitas media transportasinya. Dalam mencari media transportasi ini, bisa juga untuk mencari tiket promo jika memang ada.

4. Memesan Tempat Penginapan

Tempat penginapan diperlukan untuk petualangan ala backpacker. Tak mungkin seorang backpacker hanya pergi wisata dalam 1 hari. Perjalanan wisata yang lebih dari sehari pasti akan memerlukan tempat penginapan untuk bermalam. Pilihlah tempat penginapan yang memadai dan sesuai dengan budget sebagai salah satu panduan wisata ala backpacker.

5. Menyiapkan Barang yang Akan Dibawa

Saat pergi berwisata, baiknya hanya membawa barang yang diperlukan. Siapkan barang yang akan dibawa tersebut di jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Tujuannya agar tidak ada barang penting yang tertinggal. Perlengkapan tersebut antara lain KTP, handphone, powerbank, kabel data, kamera, uang tunai secukupnya, alat ibadah, dan obat pribadi.

6. Menyiapkan Bekal Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok manusia yang tak dapat dihindari. Saat perjalanan wisata, tentu kebutuhan ini sangat diperlukan. Untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum tanpa repot dan terjamin kebersihannya, persiapkan bekal makanan dan minuman yang enak dan menarik. Bawalah bekal yang memadai untuk semua rombongan wisata.

Persiapan bekal ini juga bisa menghemat biaya untuk memenuhi keperluan konsumsi. Biaya atau anggaran wisata bisa diminimalisir dan dialihkan untuk mencukupi kebutuhan lainnya. Aneka menu lezat bisa kamu buat dari rumah berdasarkan kreasi sendiri. Menu ala home made tak kalah enak dengan menu yang ditawarkan di resto yang harganya justru mahal.

Berbagai hal tersebut merupakan paket komplit untuk perjalanan wisata. Semua komponen yang dari persiapan keberangkatan, persiapan barang yang diperlukan, sampai pada kebutuhan terhadap tempat penginapan. Persiapan rekreasi gaya backpacker wisata memang lengkap karena bisa menunjang kelancaran perjalanan beserta setiap kebutuhan.

0 comments:

Post a Comment