Thursday, November 30, 2017

Langkah-Langkah yang Dilakukan Oleh Penyedia Jasa Pembuatan Kolam Renang


Ketika berencana membuat kolam renang, kita akan membutuhkan jasa pembuatan kolam renang. Hal ini dikarenakan pembuatan kolam renang membutuhkan proses yang banyak. Bila tidak berpengalaman, tentu akan sulit untuk membuatnya. Untuk mengetahui proses yang harus dilakukan kontraktor kolam renang, lihatlah ulasan berikut ini.

Pembuatan Kolam Renang

1. Mendesain dan merencanakan pembuatan kolam renang

Tanpa desain dan perencanaan, segala hal yang ingin kita buat akan sia-sia. Begitu pula halnya dengan pembuatan kolam renang tanpa desain. Untuk membuat desain, penyedia jasa harus memahami kolam renang jenis apa yang dibutuhkan konsumennya. Terdapat banyak bentuk kolam renang, mulai dari persegi panjang, persegi, hingga bentuk ginjal. Selama bentuk kolam renang dapat direalisasikan, penyedia jasa tentu dapat membuat desainnya. Namun, semakin kompleks bentuk kolam, semakin mahal juga biaya yang dibutuhkan untuk membuatnya.

2. Mendapatkan izin pembuatan kolam renang

Pembuatan kolam renang tentu akan mengubah denah rumah konsumen. Selain itu, proses pembuatan kolam renang juga tidak boleh membahayakan orang-orang di sekitarnya. Oleh karena itu, dibutuhkan izin untuk membuat kolam renang. Penyedia jasa tidak dapat memulai proyek kolam renang apabila belum mendapatkan izin dari pihak terkait. Namun, kontraktor kolam renang yang berkualitas tentunya juga akan membantu mengurus perizinan ini.

3. Proses pemetaan serta penggalian tanah

Keamanan kolam renang menjadi aspek yang penting ketika proses pembuatan kolam renang. Oleh karena itu, penyedia jasa harus menandai batas lahan yang termasuk ke proyek ini. Setelah itu, kontraktor kolam renang harus mindahkan barang-barang yang terdapat di area proyeknya. Setelah itu, diberikan batas yang menjadi penanda area proyek sehingga penghuni rumah tidak bisa sembarangan mengaksesnya. Kemudian, barulah proses penggalian kolam renang dapat dilakukan.

4. Membentuk dinding dan lantai kolam renang

Proses penggalian kolam renang pada nyatanya belumlah membentuk kolam renang yang kita inginkan. Selain itu, proses penggalian juga dapat membuat tanah menjadi lembek. Oleh karena itu, pembuat kolam renang harus meratakannya terlebih dahulu agar permukaan lantai kolam renang dapat terbentuk. Setelah itu, barulah dapat dilakukan pembuatan dinding serta panel lantai.

5. Memasang lantai, dinding, dan beton pada kolam renang

Proses pemasangan beton pada kolam renang bukanlah proses yang mudah dilakukan. Untuk itu, kontraktor kolam renang perlu melakukan 3 tahap berbeda, yakni:

a. Memasang kerangka kolam renang
Untuk memasang kerangka kolam renang, penyedia jasa dapat menggunakan batangan logam maupun kayu. Selama proses pemasangan, pastikan batangan tersebut terpasang dengan sesuai.
b. Memasang saluran air
Sistem saluran air merupakan hal penting pada kolam renang. Sistem ini harus disesuaikan dengan standar pembuatan kolam renang yang sudah disetujui. Melalui saluran air inilah kolam renang kita dapat diisi dengan air bersih.
c. Memasang instalasi listrik
Meskipun tidak besar, kolam renang juga memerlukan listrik. Untuk itu, dibutuhkan ahli listrik yang sudah berpengalaman memasang listrik di kolam renang. Pemasangan listrik yang salah dapat menyebabkan pengguna kolam renang terkena tersetrum.
d. Memasang dinding dan lantai di kolam renang
Setelah ketiga hal tersebut diselesaikan, saatnya untuk memasang dinding dan lantai kolam renang. Dibutuhkan campuran pasir dan semen untuk dipasang di bagian lantai. Penyedia jasa harus menuangkan campuran secara berhati-hati agar permukaan tetap halus.

6. Memasang panel dinding dan lantai kolam renang

Pada tahap ini, akan dilakukan pemasangan panel dinding kolam renang. Biasanya, panel dinding yang cocok digunakan ialah panel yang berbahan baja. Penyedia jasa harus memastikan setiap panel dinding dipasang dengan tinggi yang sama. Setelah itu, dilakukan juga pemasangan lantai di permukaan kolam renang.

7. Mengisi permukaan kolam renang dengan air

Pada tahap ini, kolam renang kita sudah selesai dibuat. Oleh karena itu, kita dapat mencoba mengisinya dengan air. Hal ini dilakukan untuk mengetes apakah terdapat kebocoran pada kolam renang. Selain itu, pengisian kolam renang juga dapat berfungsi mengetes sistem saluran air.

8. Memasang lantai pinggiran (deck) kolam renang

Setelah mengetes kondisi kolam renang, tahap selanjutnya yang dilakukan ialah memasang lantai pinggiran kolam renang. Kita dapat menggunakan bahan material kayu seperti jati maupun wpc. Kontraktor kolam renang harus mendiskusikan bahan material deck kayu sehingga penghuni rumah tidak mudah terpeleset.

9. Melindungi kolam renang dengan policarbonate 

Untuk melindungi kolam renang, kita dapat menggunakan polycarbonate. Pelindung yang bentuknya seperti kanopi ini berfungsi menutupi permukaan kolam renang. Jadi, air kolam renang tetap terjaga kebersihannya.

10. Proses lanscaping

Tahap terakhir yang dilakukan pembuat kolam renang ialah tahap landscaping. Tahap ini akan membuat area sekitar kolam renang menjadi lebih menarik. Misalnya seperti menambahkan tanaman, hiasan dari batu kerikil, serta jalan setapak dari batu.

Sumber: http://www.exceliteplas.com/in-ground-swimming-pool-construction-guide/

0 comments:

Post a Comment