Wednesday, November 15, 2017

5 Poin Plus Sistem E-Toll untuk Kelancaran Sistem Pembayaran


GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) yang diberlakukan dalam bentuk sistem e-Toll merupakan terobosan baru dalam mendukung kelancaran transaksi di gerbang tol. Pembayaran menjadi lebih cepat dan mudah dilakukan. Pihak pengguna dan pengelola jalan tol sama-sama memperoleh manfaat berupa 5 poin plus sistem non tunai berikut ini.

E-Toll

1. Transaksi Pembayaran Lebih Cepat

Transaksi pembayaran menjadi lebih cepat karena sistem e-money yang sangat simple. Cara pembayarannya adalah dengan proses tapping kartu oleh petugas. Proses ini membutuhkan waktu sebentar, sehingga prosesnya sangat cepat. Dengan e-card, pengguna ataupun petugas akan terhindar dari kesalahan penghitungan uang tunai.

2. Lebih Praktis karena Menggantikan Uang Tunai

Sistem e-Toll dinilai lebih praktis karena dapat menggantikan uang tunai. Anda tak perlu lagi menyiapkan uang khusus untuk membayar penggunaan tol. Kini, peralihan ke sistem e-money akan mempermudah pembayaran. Anda hanya perlu menyiapkan satu kartu untuk membayar penggunaan jalan tol.

3. Tidak Perlu Menyimpan Uang Kembalian

Poin plus selanjutnya dari sistem e-money adalah para pengguna jalan tol tidak perlu menyimpan uang kembalian. Pembayaran cukup menggunakan saldo yang terdapat di e-card. Sistem akan memotong jumlah saldo sesuai dengan nominal yang harus dibayarkan oleh para pengguna jalan tol.

Dengan demikian, uang pasti pas, tanpa ada kembalian. Anda tak perlu kerepotan untuk menyimpan uang kembalian. Selain itu, kemungkinan terjadinya kesalahan penghitungan uang kembalian bisa dihindari, baik itu jumlahnya kelebihan, maupun kurang. Hal ini menjadi nilai efektif dari sistem non tunai.

4. Lebih Aman karena Terhindar dari Uang Palsu

Sistem pembayaran non tunai di GTO (Gerbang Tol Otomatis) akan lebih aman karena menggunakan saldo dalam e-card, bukan berupa uang tunai yang bisa dipalsukan. Inilah poin plus dari sistem non tunai. Pemberlakuan sistem e-card untuk pembayaran atas penggunaan jalan tol tersebut lebih aman.

5. Mempermudah Pencatatan Administrasi

Pemberlakuan sistem non tunai ini bisa mempermudah pencatatan administrasi keuangan atas penggunaan jalan tol. Bagaimana bisa? Sistem non tunai akan secara otomatis memotong saldo pada e-card yang digunakan untuk membayar atas penggunaan jalan tol. Dengan demikian, uang bisa langsung ter-input ke sistem.

Hal tersebut tentu menghindari kesalahan pencatatan keuangan, sehingga laporan keuangan tetap akurat dan sama dengan jumlah uang yang masuk ke sistem. Hal ini akan mempermudah pengelolaan pendapatan daerah.

Demikianlah beberapa poin plus dalam sistem pembayaran non tunai di GTO yang mulai berlaku sejak 31 Oktober 2017. Anda dapat memperoleh setiap poin positif tersebut melalui penggunaan e-card setiap kali transaksi di gerbang tol otomatis. Kelancaran sistem pembayaran akan terbantu, yaitu lebih efektif, baik dari sisi pengguna, maupun pengelola.

0 comments:

Post a Comment