Wednesday, September 27, 2017

Beragam Motor Listrik untuk Solusi Kendaraan Minim Polusi


Alat transportasi menjadi sarana penting untuk menunjang berbagai kerja manusia dalam upaya produktif mereka. Di Indonesia sendiri sebagian besar masyarakatnya memiliki kendaraan roda dua yang dipergunakan sehari-hari untuk bekerja, bepergian dan untuk sarana transportasi angkutan ringan. Motor dinilai lebih muda dan efektif penggunaannya terutama untuk mereka yang hanya pergi seorang saja atau berdua. Meski begitu motor juga mengeluarkan polusi udara karena terdapat sisa pembakaran bahan bakar dalam bentuk asap. Bagi Anda yang ingin memiliki sarana transportasi murah, mudah dan efektif namun tetap melindungi lingkungan dari polusi, kini akan ada inovasi kendaraan baru yang minim asap yaitu motor listrik.

Beragam Motor Listrik

Motor jenis ini menggunakan tenaga listrik yang disimpan pada sebuah baterai yang ditanam pada motor. Menggunakan tenaga listrik sehingga motor tidak memerlukan bahan bakar yang harus diisi di pom bensin. Pengisian bahan bakar bisa dilakukan di rumah sebelum berangkat atau di malam harinya agar keesokan hari batre full untuk beraktivitas. Pada perjalanan jauh, disediakan penjualan batre cadangan untuk bisa menyimpan tenaga listrik lebih lama. Tertarik memilikinya? Tahun depan Indonesia akan mulai memilikinya di pasaran dari satu vendor motor terkenal asal negara Jepang.

Mengolah energi listrik menjadi energi gerak, motor ini tidak menghasilkan asap sebagai sisa pembakaran seperti motor dengan bensin pada umumnya. Karenanya bagi Anda yang naik motor ini untuk berkeliling bisa merasakan manfaatnya tanpa mengakibatkan lingkungan menjadi kurang sehat. Meski tidak menghasilkan asap, motor baru ini bisa memiliki kecepatan yang sepadan dengan motor dengan bahan bakar. Karenanya produsen motor dengan tenaga listrik juga memasarkannya sebagai calon kendaraan jalan raya yang bisa digunakan dengan kecepatan penuh menempuh perjalanan panjang hingga ke luar kota.

Motor listrik di Indonesia nantinya juga akan mendapatkan dukungan dari PLN untuk menyediakan pom listrik sebagai tempat pengisian listrik seperti halnya pom bensin dari Pertamina. Jangan khawatir karena lama mengecas batre motor akan didesain sedemikian rupa sehingga Anda tidak perlu menunggu di pom listrik terlalu lama. Pom listrik akan dibangun dengan jumlah cukup fantastis yaitu 400an di berbagai kota besar. Dukungan ini tentu saja diperlukan agar masyarakat percaya akan kualitas dan kinerja motor sehingga mau beralih dari motor berasap ke motor yang lebih ramah lingkungan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba motor ini, sebagai bocor, tahun depan versi motor dengan tenaga listrik pertama di Indonesia akan diluncurkan dalam bentuk atau model skuter matic. Mesin matic memang lebih cocok untuk penggunaan tenaga listrik dari pada mesin dengan gigi. Namun meski begitu tak menutup kemungkinan bahwa teknologi nantinya akan terus berkembang dan bisa menciptakan motor jenis lain yang juga menggunakan tenaga listrik yang minim polusi.

Sudah saatnya manusia memikirkan alam dan makhluk hidup lainnya dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Bumi yang semakin hari semakin panas, sangat memerlukan perhatian lebih dari kita penghuninya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengurangi polusi yang diciptakan dengan beralih dari motor konvensional ke motor listrik yang tidak mengeluarkan asap. Selain asap, motor ini juga akan dibuat minim suara sehingga tidak bising untuk keperluan jalan-jalan di tengah kompleks perumahan di malam hari. Tetapi harus juga diingat bahwa pemakaian motor ini juga diatur undang-undang sehingga memerlukan izin baik surat jalan dan izin pengemudi dari lembaga pemerintah.

0 comments:

Post a Comment